Jualan Es Tebu Hijau Peluang dan Kendala Yang Akan Dihadapi


Es tebu adalah salah satu minuman favorit yang banyak digemari oleh banyak orang. Jadi wajar saja jika prospek untuk berjualan es tebu adalah merupakan bisnis atau usaha yang menjanjikan. Modal yang dikeluarkan untuk usaha ini tidaklah besar, namun juga tidak kecil.

Sebagai ilustrasi saja harga mesin es tebu bisa mencapai 3juta rupiah, itupun untuk tipe mesin es tebu dengan spek sederhana. Belum lagi untuk pembelian sarana semisal gelas, sendok, atau bahkan payung besar dan juga kursi atau bangku tempat untuk duduk pelanggan juga terbilang tidaklah murah.

Namun semua itu akan balik modal dengan cepat asalkan usaha anda laku dan terus berjalan. Lalu bagaimana cara agar jualan es tebu kita laris manis. Gampang saja, anda tinggal harus telaten dan sabar serta fokus.

Menurut saya usaha jualan es tebu ini memang harus benar-benar sabar dan telaten, karena sepengetahuan kami, banyak penjual es tebu yang akhirnya tutup usaha. Kenapa bisa seperti itu?

Yang menjadi kendala mereka biasanya adalah dari ketersediaan tebu itu sendiri. Kadang stok banyak dan melimpah, dan terkadang stok tebu kosong dan sulit mencarinya. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Kalau untuk urusan ketersediaan tebu anda memang tidak bisa berbuat banyak, karena memang tebu itu sendiri adalah hasil tanam dan itu jelas berbeda jika barang tersebut adalah hasil dan produksi dari pabrik yang akan punya stok continue dan melimpah.

Lalu bagaimana cara saya agar bertahan untuk berjualan? Jika keinginan anda memang berjualan es tebu maka yang harus anda siapkan adalah jualan cadangan, maksudnya jika stok tebu kosong maka anda tinggal ganti dagangan dengan berjualan minuman yang lain, semisal es cao, dawet atau bisa juga es legen. Lalu jika stok tebu mulai datang maka anda bisa kembali berjualan es tebu.

Yang penting usahakan usaha anda selalu buka, dan jangan sampai misalnya, stok tebu kosong maka anda tutup dan tidak berjualan. Hal ini akan membuat usaha anda tidak laku, karena orang akan menjadi enggan untuk datang ke tempat anda.