Menjajal peruntungan dengan usaha jahit keliling

usaha jasa jahit keliling
Usaha dalam bidang apapun haruslah kreatif dan inovatif, bila hanya menunggu pembeli itu sih biasa, sekarang jamannya penjual yang mendatangi pembeli atau istilahnya jemput bola.

Apakah semua usaha bisa dibuat sistem seperti itu? tentu saja bisa, tak terkecuali usaha jahit dan permak baju juga celana keliling. Syaratnya cukup mudah, namun ada persyaratan mutlak yang harus bisa Anda penuhi, tentu saja harus bisa dan menguasai seputar jahit menjahit dan juga permak pakaian.

Sarana juga bisa disediakan dengan modal yang tidak terlalu besar, cukup mesin jahit dan sarana untuk membawanya berkeliling, biasanya pakai gerobak, becak atau bahkan motor yang dimodif sedemikian rupa sehingga praktis untuk dibawa kemanapun.

Keunggulan bisnis jahit keliling seperti ini jelas Anda tidak bakalan keluar modal lebih hanya untuk sekedar sewa tempat, belum lagi tempat usaha tersebut butuh untuk renovasi, maka bakal keluar modal lebih banyak lagi.

Pangsa pasarnya cukup jelas yaitu cukup berkeliling seputar perumahan atau kampung yang padat penghuninya. Disini sudah tergambar potensi bisnis ini, memanfaatkan situasi dimana orang yang repot untuk keluar rumah walaupun untuk sekedar menjahit atau permak pakaian, pasti akan dengan senang hati memakai jasa Anda.

Tapi yang paling penting harga jasa dan pelayanan serta kerapian hasil pekerjaan Anda sangat menentukan disini, jangan sampai para pelanggan komplain akan hasil kerja Anda yang buruk atau bahkan tarif yang terlalu mahal, bisa tidak laku usaha ini nantinya.

Harga jangan patok terlalu mahal tapi juga jangan terlalu murah, bisa rugi nanti, cukup standar saja sesuai pasaran, misal potong celana yang kepanjangan tarif normal 5ribu rupiah, kecil memang... namun kalikan saja berapa orang yang Anda layani dalam sehari, misal saja minim 10 orang bisa dapat 50ribu, itu kalau 10 orang, kalau 20 orang lumayan kan. Belum lagi jasa permak yang agak sulit bisa Anda patok harga 10ribu sampai 20ribu misalnya.

Poin penting yang terakhir, janganlah malu, malas dan gengsi, karena apapun pekerjaan yang Anda lakukan, asalkan halal insyaAllah bakal berkah dan akan membawa rejeki yang tidak terhingga. Salam wirausaha.