Bisnis Jasa Laundry Pakaian Yang Menguntungkan

cara mengembangkan bisnis laundry
Bila pilihan anda jatuh kepada usaha atau bisnis laundry atau jasa cuci pakaian, maka rasanya pilihan anda sangat tepat sekali, mengingat sekarang ini banyak sekali suami istri yang sama-sama mencari nafkah diluar rumah, sehingga praktis sekali bila untuk urusan mencuci baju saja kadang mereka tidak sempat, peluang ini yang harus anda manfaatkan.

Tapi kalau ingin membuka usaha jasa seperti ini anda harus melihat dimana tempat usaha tersebut akan anda buka, kalau tempat usaha anda berada dilingkungan yang sekelilingnya terdapat banyak pemukiman, itu akan sangat mendukung keberhasilan usaha nantinya, tidak perlu buka tempat usaha di pinggir jalan raya, cukup anda membuka tempat di perumahan pun bisa jalan usaha ini, namun tempatnya jangan terlalu tersembunyi.

Tapi bagaimana kalau kita ingin membuka usaha laundry di rumah kita sendiri dan rumah kita agak masuk kedalam gang misalnya, kalau keadaannya seperti itu, pakailah sistem jemput bola, coba sebarkan brosur kesemua rumah yang ada di komplek anda.

Tuliskan di brosur itu anda melayani ambil dan antar cucian, nah siapkan sarananya, gunakan sepeda motor yang mempunyai box untuk tempat cucian bersih nantinya, kalau cucian kotor bisa anda ambil dengan ditaruh di tas kresek saja rasanya tidak ada masalah, tapi kalau cucian yang sudah bersih dan juga habis di setrika harus anda hantarkan dan tempatkan pada box, supaya tidak kucel lagi.

Serta jangan lupa bawa alat timbang yang compact supaya bisa gampang dibawa, jadi anda langsung ambil dan timbang cucian dirumah pelanggan anda, jadi mereka tahu jumlah cucian berapa kilo yang harus dibayar, jangan menentukkan timbangan cucian dengan dikira-kira, karena itu membawa efek yang tidak baik untuk pelanggan kita.

Terima juga jasa setrika, cuci baju pesta, cuci boneka, cuci karpet dan lain-lain, pelajari semua kendala dari usaha ini, misalnya untuk masalah air, jangan hanya mengandalkan dari PDAM, anda harus mempunyai tandon air sendiri, untuk jaga-jaga kalau air dari PDAM mati.

Sediakan ruangan khusus untuk menjemur pakaian, usahakan tertutup, jangan menjemur pakaian dari pelanggan anda ditempat terbuka, karena tidak enak dilihat, baik oleh tetangga sekitar atau oleh pelanggan anda sendiri, selain itu menjemur pakaian ditempat terbuka juga membuat baju yang anda jemur menjadi kotor lagi.

Selalu perhatikan kualitas dan pelayanan anda, karena walau bagaimanapun murahnya harga, ongkos atau tarif anda, kalau pelayanan dan kualitas anda jelek, maka usaha anda akan ditinggal oleh pelanggan.